Tuesday, June 09, 2009

Mengaitkan Imtaq dalam Mata Pelajaran









Sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhada Tuhan Yang Maha Esa.

LPMP sebagai lembaga yang memfasilitasi peningkatan mutu pendidikan di Kalimantan Tengah, berupaya untuk mencapai tujuan pendidikan yang salah satunya adalah dengan melaksanakan peningkatan keimanan dan ketaqwaan pendidik dan tenaga kependidikan dipropinsi Kalimantan Tengah.

Baru–baru ini LPMP Kalteng mengadakan Diklat peningkatan iman dan taqwa pendidik dan tenaga kependidikan, di Lembaga Penjamiana Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Tengah, Mulai 8 sampai 14 Juni 2009.

Peserta berasal dari guru bimbingan konseling (BK) dan guru mata pelajaran selain mata pelajaran Agama SMP dan MTS di 14 kabupaten/kota di Kalimantan Tengah yang seluruhnya berjumlah 220 orang.

Adapun fasilitator terdiri dari narasumber dari pusat, Widyaiswara LPMP Kalteng, sedangkan metode kegiatan menggunakan ceramah, diskusi, tanggung jawab, dan kerja kelompok.

Kegiatan yang dibuka oleh kepala LPMP Kalteng, Krisnayadi Toendan menegaskan Guru dituntut meningkatkan profesionalismenya sebagai pendidik dalam melaksanakan tugas di dalam kelas. Prinsip profesionalisme adalah :

1. Memiliki bakat, minat, penggilan jiwa dan idealisme

2. Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketaqwaan dan ahkaq mulia.

3. Memiliki kompetensi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas

4. Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas.

5. Memiliki tanggungjawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan.

“Diharapkan melalui kegiatan ini, pendidik dapat mengintegrasikan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan dalam setiap pembelajaran sehingga dapat membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa,” harap Krinayadi.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana Rusna Latifah menyebutkan tujuan diadakannya kegiatan tersebut adalah membentuk pendidik dan tenaga kependidikan sebagai agen perubahan dalam peningkatan Imtaq di bidang pendidikan khususnya ditingkat satuan pendidikan masing-masing. Kemudian menanamkan pola pikir, keyakinan dan perilaku pendidik dan tenaga kependidikan sebagai teladan dan contoh bagi peserta didik dan masyarakat, serta mampu menyampaikan dan mengimplemantasikan peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada peserta didik.

No comments: