Tuesday, April 03, 2012

Guru dibayangi takut tidak lulus PLPG, harus cek n ricek selintingan berita

Meski berprofesi sebagai guru, tidak jarang ada juga sebagian guru yang “kehilangan tongkat” (baca : kebingungan) dalam mendengar berita, padahal dalam menyikapi suatu berita harus disaring dengan baik dan dicek sumbernya. Terutama selentingan berita pasca lulus atau tidak lulus tes UKA. Ada yang mendengar kabar kalau guru yang tidak lulus UKA akan ada tes susulan lagi dalam waktu dekat. Ada yang mendengar kabar bagi yang lulus harus ikut sosialisasi PLPG dan bayar 250 rb di lpmp. Ternyata berita-berita tersebut tidaklah benar.

Menurut Kepala Seksi Sistem Informasi LPMP Kalteng Drs. Gazali (3/4/2012) bagi guru yang sudah lulus tes UKA kemaren akan mengikuti PLPG di LPTK/UNPAR. Waktu pelaksanaan PLPG adalah setelah cairnya dana PLPG dari badan PSDM dan PMP yang sebelumnya akan menandatangani MoU dengan seluruh LPTK se Indonesia. Penandatangan MoU tersebut diperkirakan pada minggu ketiga April 2012. Pencairan dana  mungkin pada minggu ketiga bulan Mei atau pada bulan Juni. Setelah dana cair itulah pihak LPTK sudah bisa melaksanakan PLPG. Pelaksanaan PLPG akan dilaksanakan kurang lebih selama 10 hari dengan beberapa gelombang.
Sementara itu bagi guru yang tidak lulus tes UKA, menurut kepala LPMP Kalteng (2/4/2012), Krisnayadi Toendan akan diberikan pendampingan dari LPMP. Bagi yang telah mengikuti pendampingan dari LPMP tidak akan mengikuti tes UKA lagi. Namun untuk mendapatkan pendampingan dari LPMP akan diberikan pretes terlebih dahulu.

No comments: