Monday, November 24, 2008

Mengembalikan Nama Sekolah


Mengembalikan Nama Sekolah

Ganti pejabat, ganti kebijakan nampaknya memang ada benarnya. Tidak terkecuali di kota cantik Palangkaraya. Sejak tiga tahun lalu, di bawah kepemimpinan kepala dinas pendidikan kota Palangkaraya Drs. Yudinantir, mengeluarkan kebijakan merubah semua nama-nama sekolah berdasarkan nama kecamatan.

Semula nama sekolah berdasarkan nama kota seperti SMA 1 Palangkaraya, SMK 1 Palangkaraya, dan seterusnya. Tujuan dan alas an Yudi saat itu adalah agar dapat bantuan dari pusat.

Namun kebijakan Yudi tersebut berimplikasi lain dilapangan . seperti munculnya kebingungan dikalangan masyarakat, termasuk pemerintah pusat juga yang melakukan pemantauan ujian nasional.

Bagi sekolah juga mengalami kesulitan, misalnya dengan mengganti palang nama sekolah yang sering gonta ganti. Kebingungan juga dialami LPMP Kalteng, saat mengantar surat undangan kesekolah karena nama sekolah sudah berubah dan tidak disosialisasikan kepada publik.

Namun, seiring dengan waktu… jabatan walikota dan khususnya kepala dinas pendidikan kota Palangkaraya berganti. Walikota Palangkaraya terpilih 2008-2013 berencana mengembalikan nama-nama sekolah seperti semula. Niat dan rencana ini didukung oleh DPRD kota Palangkaraya melalui ketua komisi III Subandi,Sos. Pengembalian nama sekolah merujuk rekomendasi dari DPRD yang melakukan studitur keberbagai daerah lain seperti di Jakarta, malang, dan Bandung yang semuanya memakai nama kota dalam penamaan sekolah.

“di Bandung memakai nama kota SMA 1 Bandung, di Malang juga, juga di Jakarta,Tidak ada daerah lain kecuali Palangkaraya yang memakai nama kecamatan,”ungkap Subandi

Sementara itu, ketika dikonfirmasi kepada kepala dinas pendidikan kota Palangkaraya, Guntur Talajan membenarkan akan mengembalikan nama sekolah kesemula nama kota.
"Pengembalian nama sekolah itu sekarang dalam proses, tunggu saja nanti." tukasnya

2 comments:

ENDONESIA said...

itumah mah kasus klasik. ganti pejabat ganti nama sekolah. kalau dulu SLTA, jadi SMA, trus ganti SMU, trus balik lagi SLTA....lama-lama gila deh tuh....

Myblog:
http://endonesia-raya.blogspot.com
http://endonesia-babas.blogspot.com

budies said...

iya sih