Tuesday, November 25, 2008

Selamat hari Guru yang ke 63



Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT PGRI ke 63 Propinsi Kalteng dan Kota Palangkaraya diadakan di lapangan olahraga Senaman Mentikei Palangkaraya. Acara yang diikuti dengan penuh semangat oleh ribuan guru sekota Palangkaraya dan siswa-siswi sekolah SD hingga SMA itu berjalan dibawah gerimis hujan yang mengguyur kota Palangkaraya.

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Gubernur Kalteng Ir.Ahmad Diran membacakan sambutan Menteri pendidikan nasional. Pemerintah menyampaikan ucapan terimakasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas prestasi, dedikasi dan pengabdian para guru. dengan peringatan HGN tahun 2008 kita tingkatkan profesionalisme, kesejahteraan, perlindungan dan martabat guru untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu.

"Oleh karena itu, peringatan hari guru nasional tahun 2008 kali ini memiliki makna penting karena pemerintah tengah sunggug-sungguh berupaya menghadirkan guru profesional dengan meningkatkan kulifikasi, kompetensi, kesejahteraan dan perlindungan bagi para guru sebagai implikasi UU no.14 tahun 2005 tentang guru dan dosen" ujar Diran

sudah menjadi kesadaran pemerintah dan kita semua bahwa tidak ada guru, berarti tidak ada pendidikan. hanya dengan sentuhan guru profesional yang bermartabat, terlindungi dan sejahtera anak-anak bangsa akan menerima pembelajaran yang mendidik dan bermutu.

dalam rangka percepatan kualifikasi guru, saat ini sedang didesain kebijakan akademik yang memungkinkan pengakuan terhadap hasil belajar yang diperoleh sebelumnya oleh guru. guru-guru yang menempuh pendidikan dalam jabatan jenjang S1/DIV akan berkurang kredit kuliahnya, karena sebagian sks yang wajib ditempuh diperolah melalui pengalaman belajar mandiri, prestasi akademik, karya inovatif, pendidikan dan pelatihan dan sebagainya yang diperoleh sebelumnya. juga sedang didesain pola pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru-guru diseluruh tanah air. dengan pola ini diharapkan kompetensi dan kinerja guru terus meningkat sejalan dengan peningkatan jenjang jabatan fungsional dan pengalaman kerjanya.
selanjutnya, setelah selesai upacara diadakan pemberian penghargaan kepada guru dan pengawas berprestasi se-Kalteng.

No comments: