Saturday, March 14, 2009

bahan tugas kelompok

buat guru-guru/calon isntruktur, bisa menggunakan materi dibawah ini sebagai penghangat suasana/ ice breaking...

semoga membantu


LAKI-LAKI DAN BUAYA

Surti dan Tedjo adalah sepasang kekasih yang sedang mabuk kepayang. Mereka tiggal disuatu daerah yang dipisahkan oleh sebuah sungai yang penuh dengan buaya. Meskipun tempat tinggal mereka dipisahkan sungai yang penuh dengan buaya, mereka dapat saling bertemu dengan menyeberangi sungai melalui jembatan kecil.

Pada suatu hari, terjadilah badai besar yang meruntuhkan dan menghanyutkan jembatan tersebut. Pasangan kekasih itu sangat menderita karena lenyaplah sudah satu-satunya cara yang selama ini mereka lakukan untuk bertemu. Surti setiap hari berdiri diseberang sungai menunggu sang kekasih dan menantikan datangnya mukjizat.

Beberapa waktu kemudian, Joko seorang pelaut yang berlayar sepanjang sungai itu mendekati tempat tinggal Surti. Gadis itu memanggil Joko dan meminta dia mengantarkannya ke seberang sungai untuk menemui sang kekasih Tedjo. Joko merasa gembira atas permintaan itu dan berkata “ Oh tentu saja! Saya akan dengan senang hati mengantarkan anda ke seberang, tetapi ada syaratnya, Kau harus tidur denganku dulu”.

Surti menangis mendengar syarat yang diajukan oleh Joko. Selama ini dia belum pernah berhubungan sex dengan siapapun. Dia memutuskan meminta nasehat seorang teman yang bernama Iwan. Ternyata iwan bersikap acuh tak acuh dan dingin terhadap persoalan ini. Dia hanya berpangku tangan dan berkata kepada Surti “itu urusanmu saya tak ingin terlibat”.

Jawaban Iwan yang begitu dingin membuat Surti berfikir berkali-kali mengenai masalah yang dihadapinya, akhirnya Surti memutuskan untuk memenuhi tuntutan Joko.

Ketika akhirnya Surti bertemu dengan Tedjo pada hari berikutnya, diceritakanlah kepada Tedjo apa yang telah terjadi dan bagaimana sulitnya dia berjuang untuk mendapatkan keputusan ini.

Tejo sangat marah atas apa yang telah dilakukan oleh Surti dan dia mengusir gadis tersebut supaya tidak kembali lagi. Gadis malang itu berlutut dan meragkul Tedjo sambil menagis, memohon supaya Tedjo tidak meninggalkannya tetapi anak muda itu tidak menghiraukannya.

Surti pergi kepada temannya yang lain bernama anton, setelah diceritakan kisahnya dari awal sampai akhir. Anton memutuskan untuk menemui Tedjo, dia menghajar Tedjo habis-habisan.

Bahan Diskusi

  1. Dari kelima orang, siapakah yang anda anggap bersalah?
  2. Buatlah urutan (ranking) dari lima itu berdasarkan berat ringannya kesalaha masing-masing?
  3. Ajukan alasan-alasan mengapa anda sampai pada urutan yang demikian?



No comments: