Saturday, March 28, 2009

Mau cari info pendidikan dikalteng? jangan harap

Mau cari tentang gambaran pendidikan dikalimantan tengah lewat internet?? hehehe.... sebaiknya jangan terlalu berharap banyak deh... penulis sendiri merasa susah bila melakukan itu, namun... untuk memenuhi keingintahuan tersebut akhirnya penulis berfikir alangkah bagusnya membuat blog... dan jadilah blog ini.

Meski sangat sederhana dan isinya tidak sempurna, penulis berharap blog ini dapat membantu menginformasikan kondisi dunia pendidikan di kalimantan tengah dengan objektif.

Namun sayangnya yang namanya data, program kerja tahunan (secara rinci) kantor dinas pendidikan kabupaten/kota, maupun kantor instansi pemerintah lainnya selama ini termasuk sekolah sepertinya sangat jarang yang menginformasikannya /transparan dalam hal itu di media massa, atau di pasang di plang kantor kalau mau dibaca / diketahui semua orang, kenapa ya? apa mungkin takut dituntut masyarakat ya? hmmm... bisa juga kalau yang diprogramkan itu tidak jalan....atau bisa jadi mereka tidak punya program yang isinya menyentuh banyak kepentingan masyarakat... hehehe..

Padahal disisi lain, sekarang ada undang-undang tentang layanan publik yang bisa dijadikan acuan untuk keterbukaan dalam hal program apa sih yang ada dilakukan kantor/lembaga tersebut. sekalian aja coba kalau DIPA itu bisa transparan....hehehe...


Coba bayangkan, betapa indahnya kalau semua kantor instansi pemerinta, sekolah-sekolah, universitas, transparan dalam menginformasikan programnya, misalnya kalau tidak bisa melalui media massa seperti situs, web/blog, ditempel aja prorgram tahunan tersebut di papan pengumuman, sehingga semua orang bisa membaca dan bisa melakukan pemantauan kinerja /program lembaga tersebut bener-bener berjalan atau tidak?....inilah problem sekaligus tantangan yang mesti dijawab oleh pemerintah, kepala SKPD, kepala sekolah...sejauhmana mereka mau transparan....

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.


No comments: