Tuesday, May 19, 2009

PENDEKATAN PEMBELAJARAN

PENDEKATAN PEMBELAJARAN
COOPERATIVE LEARNING DAN TEKNIK PENYAJIAN

PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
1. Cooperative learning
• Kepala bernomor
• Mencari pasangan
• Berpikir berpasangan
• Jigsaw
• Examples non examples
• Picture and picture
• Bertukar pasangan
• Group investigation
2. DEEP DIALOG/CRITICAL THINKING (DD/CT)
3. KONTEKSTUAL

KEPALA BERNOMOR
NUMBERED HEADS TOGETHER
(OLEH SPENCER KAGAN 1992)
LANGKAH-LANGKAH
1. Siswa dibagi kelompok
2. Setiap siswa mendapat nomor
3. Setiap siswa mendapat tugas
4. Kelompok mendiskusikan jawaban
5. Guru memanggil salah satu nomor untuk melaporkan hasil kerjasama kelompok
6. Kesimpulan – penutup

BERPIKIR BERPASANGAN
THINK PAIR AND SHARE
(OLEH FRANK LYMAN 1985) LANGKAH-LANGKAH
1. Guru menyampaikan isi materi dan tujuan
2. Siswa berpikir materi dari guru tsb
3. Siswa diminta berpasangan masing-2 mengutarakan jawabannya
4. Tiap kelompok/pasangan mengemukakan hasil diskusinya
5. Materi bisa dikembangkan dari wawasan siswa
6. Kesimpulan - penutup

JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
OLEH ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES & SNAPP 1978)
LANGKAH-LANGKAH
1. Siswa dikelompokkan (4 orang)
2. Setiap siswa diberi materi yang berbeda
3. Setiap siswa membaca tugas bagiannya
4. Siswa yang memiliki nomor sama berkumpul dalam satu kelompok (tim ahli)
5. Siswa kembali ke kelompok semula
6. Secara bergantian mempresentasikan hasil jawaban tim ahli kepada teman lainnya, semua anggota kelompok mencatat hasil
7. Kesimpulan – penguatan dari guru

EXAMPLES
NON EXAMPLES
LANGKAH-LANGKAH
1. Guru menyiapkan gambar yang sesuai dengan tujuan
2. Siswa diminta mengamati gambar
3. Siswa dikelompokkan dan menganalisa gambar
4. Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya
5. Dimulai dari hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
6. Kesimpulan

PICTURE AND PICTURE
LANGKAH-LANGKAH
1. Guru menyampaikan tujuan yg ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan gambar-gambar
4. Siswa mengurutkan gambar sesuai dengan urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari urutan tersebut guru menanamkan konsep
7. Kesimpulan - rangkuman

BERTUKAR PASANGAN
LANGKAH-LANGKAH
1. Guru menyampaikan tujuan yg ingin dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan gambar-gambar
4. Siswa mengurutkan gambar sesuai dengan urutan yang logis
5. Guru menanyakan alasan pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari urutan tersebut guru menanamkan konsep
7. Kesimpulan - rangkuman

GROUP INVESTIGATION
OLEH SHARAN 1992
LANGKAH-LANGKAH
1. Siswa dikelompokkan secara heterogen
2. Guru menjelaskan tugas kelompok
3. Guru memanggil ketua kelompok untuk menerima materi/tugas yang berbeda
4. Masing-masing kelompok membahas tugas secara kooperatif
5. Selesai berdiskusi, ketua menyampaikan hasil kelompok
6. Guru memberikan kesimpulan
7. Penilaian

No comments: